Jadilah Manusia Yang Bermanfaat Bagi Sesama

Selamat Datang di Blog Saya

Sabtu, 14 Desember 2013

Pengalaman Memberikan Layanan di Sirkulasi

-->
Salah satu bentuk kegiatan pelayanan yang ada di Perpustakaan adalah pelayanan sirkulasi. Karakter pemustakan beragam, ada yang lemah lembut, cuek, judes, sopan santun dan ada yang tidak sabaran. Selain itu masih ada pemustaka yang menggunakan kartu perpustakaan orang lain.  Dari karakter-karakter  tersebut pustakawan harus bisa memberikan pelayanan yang sopan, ramah, baik, adil dan teliti. 
Pada awal perkuliahan, perpustakaan harus menyiapkan diri untuk memberikan sambutan dan pelayanan yang baik.  Perpustakaan banyak dikunjungi mahasiswa baru yang mencari informasi untuk referensi dan bahan perkulihan. Mahasiswa berasal dari berbagai daerah di tanah air dan ada juga mahasiswa asing. Sebagai pustakawan, kita harus memberikan pelayanan yang baik dan tidak membeda-bedakan satu dengan lainnya.
Ada cerita dalam memberikan pelayanan di pelayanan sirkulasi yaitu ada mahasiswa yang akan meminjam buku dengan membawa kartu perpustakaan temannya. Karena antrian peminjam banyak, kadang-kadang pustakawan yang melayani kurang teliti dan langsung menscan barcode kartu anggota dan barcode buku. Namun secara tidak sengaja pustakawan melihat foto di kartu anggota dan mencocokan dengan wajah peminjam ternyata berbeda.  Karena ketahuan menggunakan kartu orang lain maka pustakawan membatalkan pinjaman buku tersebut.  Tak diduga mahasiswi yang wajahnya cantik tersebut menjadi marah dan menggertak pustakawan. Gimana  ini pak? Saya sudah dapat mandat dan izin dari pemilik kartu. Lalu pustakawan menerangkan dengan penuh kesabaran. Begini ya mbak sebaiknya anda meminjam buku dengan kartu perpustakaan anda sendiri. Pengalaman dari kejadian-kejadian yang lalu bahwa banyak mahasiswa yang akan melakukan bebas pustaka untuk persyaratan wisuda tetapi dalam catatan database perpustakaan masih mempunyai pinjaman buku di Perpustakaan.  Dan kenyataannya buku tersebut masih dipinjamkan oleh temannya. Namun temannya tidak tepat waktu dalam mengembalikan buku perpustakaan. Siapa yang dirugikan? Tentu saja pemilik kartu perpustakaan tersebut. Kemudian mahasiswa tersebut minta maaf dan tidak akan mengulangi perbuatannya.  

Tidak ada komentar: